» » » Karpet Saryk biasa di Museum Islamisches

Karpet Saryk biasa di Museum Islamisches

posted in: Uncategorized | 0
Gambar 1. Saryk karpet fragmen, mungkin abad ke-18. Karpet asli memiliki 3 baris gols gulli. 1,43 (2,07?) X 2.14m. Staatliche Museen zu Berlin Museum für Islamische Kunst, Inv.no. I. 7255.
Gambar 1. Saryk karpet fragmen, mungkin abad ke-18. Karpet asli memiliki 3 baris gols gulli. 1,43 (2,07?) X 2.14m. Staatliche Museen zu Berlin Museum für Islamische Kunst, Inv.no. I. 7255.

Meskipun karpet Turkmen telah dipelajari lebih lama dan agak lebih komprehensif daripada kebanyakan karpet pascaklasik, banyak yang sulit untuk atribut. Beberapa, dan ini termasuk kelompok karpet kecil serta contoh individu, memiliki terlalu banyak fitur yang membedakan mereka dari jenis didirikan, yang lain memiliki terlalu sedikit, dan hover pada garis perbatasan antara kelompok rupanya terkenal. The kuno fragmen karpet di Islamisches Museum di Berlin (inv. Tidak ada. 17255, Gambar 1) jatuh ke dalam kategori yang terakhir.

Orignally hampir persegi dalam format, karpet telah skillfuly dipotong dan salah satu dari tiga baris yang asli dari enam gols gulli dihapus. Hal ini juga kehilangan ujung dan sisi, termasuk mungkin, penjaga perbatasan terluar, dan dilihat dari desain miring terlihat pada potongan yang digunakan untuk menambal lubang panjang di sebelah kiri, itu mungkin memiliki garis luar tambahan.

Untuk waktu yang lama, gol gulli dianggap tthe properti eksklusif dari Ersari dan, dalam berbagai bentuk, dari tetangga Uzbek dan Kirgiz penenun di Uzbekistan dan Afghanistan. Pada tahun 1983, bagaimanapun, sebuah fragmen terkenal karpet dengan gol gulli di Museum Tekstil di Washington, DC (Gambar 2), yang telah menjadi milik pada gilirannya untuk Ames B Thatcher dan Joseph V McMullen, itu meyakinkan diidentifikasi sebagai tenun Saryk pada dasar simpul simetris, penggunaan kapas putih dan jumlah simpul. yang terletak di luar kisaran normal untuk Ersari karpet, dan pada tahun 1985, karpet yang sama dijual di Amerika Serikat yang kita tidak memiliki data struktural (Gambar 3). Karena hanya satu dari tiga fitur yang membedakan fragmen McMullen dibagi oleh Berlin karpet, hal ini berguna untuk mencoba untuk menentukan hubungan ke Saryk dan Ersari tenunan lebih dekat.

Saryk Carpet
Gambar 2. Saryk karpet fragmen, sebelumnya Joseph V. McMullen Koleksi, 0,23 x 0.26m The Museum Tekstil, Washington DC, Inv.no.1965.63.4

Angka 4 dan 5 menunjukkan Ersari karpet dengan lobed” gols dari garis yang sama dan dengan gambar interior yang sangat mirip dengan yang di Berlin karpet. Mereka juga berbagi ornamen sekunder yang sama, versi ditandai dari kurbaghe gol, meskipun sementara mereka di angka 1 dan 2 diisi oleh lintas diagonal yang luas dengan ujung menjorok, orang-orang di contoh Ersari di angka 4 dan 5 berada di slighlty berbeda bentuk simetris delapan menunjuk bintang.

Perbatasan utama dilihat dari Berlin karpet digunakan pada karpet utama Salor, Saryk dan Ersari, dan fakta bahwa perbatasan penjaga dengan “garpu tala” motif juga ditemukan di Ersari karpet ditunjukkan pada gambar 4.

Juga tidak warna menawarkan indikasi yang jelas dari suku yang menenun Berlin karpet. Merah agak kecoklatan dari tanah, dan warna aprikot digunakan dalam gol yang ditemukan pada awal Saryk serta som EARLY potongan Eresari dan sering dikaitkan dengan karpet dari tengah wilayah Amu Darya. Meskipun bidang tumpukan putih di Berlin karpet yang wol daripada katun, ini juga tidak biasa untuk awal karpet Saryk.

Pada pandangan pertama, menenun relatif kasar dari fragmen Berlin dengan 29 knts per cm dalam arah horisontal dan 43 per dm di vertikal (ca. 1200 knot / sq dm.) Jauh lebih karakteristik Ersari karpet utama daripada Saryk di yang jumlah simpul umumnya berkisar atas 1800 knot / sq. dm. Namun awal Saryk karpet dari jenis Amu Darya cenderung kurang tenun halus dan setidaknya satu contoh, karpet terkenal dengan gol temirjin dalam Collectio Austria, memiliki jumlah simpul sebanding 30h x 47v per dm (ca. 1400 simpul / sq. dm).

Saryk Carpet
Gambar 4. Ersari karpet 2.04 x 2.08m Koleksi Pribadi, Jerman. Setelah Loges, Karpet Tribal Turkoman, 1980, pelat 80

Dengan demikian, hanya satu fitur dalam pembangunan Berlin karpet menawarkan panduan yang jelas. Atribusi ke Saryk sangat didukung oleh fakta bahwa karpet tenun di simetris (Gordes) simpul. Sejauh yang saya sadar, semua karpet utama disebabkan oleh Saryk, yang struktur telah dicatat, memiliki simetris dan semua orang tenunan dengan Ersari simpul asimetris.

Untuk menggantung label Saryk di karpet Berlin atas dasar fitur pembeda tunggal hampir tidak memuaskan, tapi itu adalah yang terbaik yang tersedia di konteks jigsaw lengkap yang kami menyamakan pengetahuan kita tentang sejarah awal karpet Turkmen. Pada saat yang sama, banyak fitur di mana Berlin karpet mirip jenis Ersari karpet, membantu untuk mengkonfirmasi bahwa gol gulli, seperti gol temirjin, adalah ornamen karpet utama di tengah-tengah wilayah Amu Darya, di mana ia digunakan tidak hanya oleh Ersari tetapi juga oleh Saryk sebelum yang terakhir pindah ke barat ke Merv pada awal abad ke-19.

Leave a Reply