» » » Karpet Pile Kazakhstan

Karpet Pile Kazakhstan

posted in: Uncategorized | 0

Karpet Kazakhstan Karpet Pile, disebut kilem tukti antara Kazakh, ditenun secara eksklusif oleh suku-suku Besar Horde. Migrasi tahunan mereka jarang melebihi 300 kilometer (tidak seperti 700 1.000 kilometer tertutup oleh Tengah dan Kecil Gerombolan) dan meninggalkan mereka dengan waktu luang yang cukup untuk tumpukan tenun. The Great Horde tinggal di Kazakhstan selatan sepanjang hulu sungai Syr Darya, di pegunungan Alatau, dan lembah-lembah sungai Jeti Su. Beberapa 30.000 Kazakh Besar Horde juga tinggal di Afghanistan utara dan karpet mereka telah santai dicatat dalam literatur karpet sejak 1970-an.

Semua Kazakh Karpet berbagi beberapa karakteristik. Dibandingkan dengan tenunan Asia Tengah lainnya mereka cenderung memiliki relatif kuno” tampilan, yaitu, desain individu yang lebih besar dan lebih murah hati spasi. Warna latar belakang selalu warna hangat dari merah, dengan pola dilaksanakan dalam nuansa bersahaja biru, kuning, gading, coklat, hijau dan hitam. Secara garis besar, palet warna Kazakh lebih cerah dibandingkan dengan Turkmen tapi tidak berani Uzbek .

Terlepas dari karpet lantai standar Kazakh dibuat kecil, tenun halus kilem kali beberapa yang dimaksudkan untuk dinding dan tradisional disajikan kepada orang tua seorang gadis sebagai bagian dari hadiah pengantin. Terutama karpet besar dan hiasan dipanggil Orda kilem mengacu kuartal khan, Orda, yang mereka historis tenun. Kadang-kadang, upacara mencakup untuk unta pengantin (asmaldyk), tas sadel (khorjin), yurt penutup pintu masuk (esik japkish), dan tas penyimpanan yang beragam (chabadan, dobra, Kerme) juga dilakukan dalam tumpukan menenun, namun, mayoritas ini artikel terbuat dari felt.

Karpet tumpukan ditenun pada alat tenun tanah standar, meskipun beberapa suku yang tinggal di wilayah Taraz dikatakan telah menggunakan alat tenun vertikal. Wol dari musim semi sheering digunakan untuk kedua lungsin dan pakan dan sering dicampur dengan kambing rambut di Kazakhstan, dan yak rambut di Afghanistan. Margulan mencatat bahwa unta rambut kadang-kadang ditambahkan ke tumpukan untuk kelembutan ekstra dan kemilau. Karena dari Kazakhstan takhayul luas bahwa unta rambut tidak harus menginjak saya menganggap praktek ini disediakan untuk potongan acara khusus tidak dimaksudkan untuk lantai seperti kilem kali atau asmaldyk disebutkan sebelumnya. Karakteristik umum dari Kazakh dan Kirghiz karpet adalah berat mereka, akibat dari agak tebal benang lungsin dan pakan serta tumpukan tinggi sampai dengan 11mm. Mukanov menyatakan bahwa kedua simetris dan asimetris knot yang umum di antara Kazakh. Sementara ini tampaknya berlaku bagi mereka karpet tenun di Afghanistan, hampir semua potongan yang ditemukan dalam Kazakhstan hari ini menunjukkan knot simetris saja.

Berbeda dengan Turkmen, Kazakh tidak memiliki konsep Guls suku. Banyak dari desain mereka dibagi dengan Kirghiz dan Karakalpak, dan sampai batas tertentu dengan Uzbek. Sejauh motif Kazakh yang paling populer adalah sangkakala (khoshkhar Muiz) di semua variasinya tunggal, ganda, crossberbentuk atau rusak. Hal ini dapat membuat desain bidang pusat seluruh karpet, menghiasi perbatasan, atau hanya melengkapi desain lain. Sebagai desain utama, sangkakala muncul paling sering pada besar versi lintas berbentuk, gugatan Muiz, yang juga sangat umum di kalangan Kirghiz yang menyebutnya kaikalak. Desain utama populer lainnya termasuk layar buluh (shi) dan laba-laba (shayan) pola. Mukanov menyebutkan desain Kazakhstan kuno yang dia sebut persegi” (sharshi): . Dua atau tiga baris kotak, masing-masing dihiasi dengan tanduk domba jantan itu di pusat dan di sekitar tepi mereka” Deskripsinya tampaknya menunjuk kepada sekelompok karpet saat berlabel Kirghiz. Misalnya, Seyfullah Turkkan di Hali 123 menunjukkan karpet abad ke-19 dari koleksi Flynn yang ia disebut nuska Sanduk. Turkkan menyatakan bahwa sangat sedikit yang diketahui tentang asal-usul dan distribusi dari jenis karpet, dan jawabannya mungkin saja bahwa mereka Kazakh.

Borders menunjukkan sangat sedikit variasi dalam penggunaan desain dan karena itu sumber terpercaya mengidentifikasi Kazakh karpet. Terlepas dari tanduk tunggal dan ganda domba jantan (synar Muiz dan Khos Muiz), mereka praktis selalu terdiri dari baik jimat (tumarsha), dinding yurt (kerege), atap yurt (shanirakh), bunga apel (alma gul) atau ekor anjing (itu khurikh ). Versi yang lebih bergaya ekor anjing sering disebut leher unta (bota moyin) atau kruk (baldakh).

Penenun tua, etnolog dan masyarakat umum di Kazakhstan memiliki semua menekankan pentingnya simbolisme kepada saya. Aku harus menunjukkan bahwa kepercayaan takhayul, sisa dari tradisi perdukunan kuno Kazakh itu, masih menyerap setiap aspek dari Kazakhstan kehidupan modern dalam tingkat yang jauh lebih besar daripada yang terjadi di seluruh Asia Tengah, di mana versi yang lebih ortodoks Islam dipraktekkan . Dalam desain karpet, simbol dapat dipecah menjadi orang berharap untuk melimpahkan kekayaan baik ke sebuah rumah tangga dan mereka dimaksudkan untuk melindunginya dari yang buruk. Tanduk dan air motif domba jantan itu dianggap hidup membawa simbol kemakmuran, sedangkan tanduk empat puluh dan hampir semua desain bunga melambangkan kelimpahan dan kesuburan. Simbol pelindung, biasanya ditemukan di perbatasan, termasuk jimat, atap dan dinding yurt yurt. Kadang-kadang roh jahat, dilambangkan dengan laba-laba, akan digambarkan secara langsung di atas karpet untuk melindungi pemiliknya dari hal yang nyata.

Karpet dari periode Soviet didominasi fitur desain bintang (Juldis) dan rupa-ofthe-bulan (aishik) melangkah pola medali. Mayoritas karpet tersebut tenunan di Turkistan dan Chimkent daerah, benteng dari Kangli dan Dulat suku, dan dicelup dengan warna sintetis. Karpet dari tahun 1950 dan seterusnya sering membawa tenun-in dan nama prasasti. Daripada mewakili tanda tangan tenun nama ini adalah dedikasi untuk seseorang, paling sering hubungan anak penenun. Sebuah analogi sastra akan menjadi dedikasi penulis termasuk di awal buku-buku mereka. Produksi berhenti pada akhir tahun 1970 untuk alasan yang belum jelas, tetapi telah melihat kebangkitan tentatif selama beberapa tahun terakhir di bawah sponsor dari Almaty dealer yang melayani komunitas ekspatriat.

Leave a Reply