» » » Karpet Kirman

Karpet Kirman

posted in: Uncategorized | 0
Kerman karpet (kadang-kadang “Kirman”) adalah salah satu klasifikasi tradisional karpet Persia. Mereka dinamai Kerman, yang merupakan sebuah kota dan provinsi yang terletak di selatan pusat Iran, meskipun, seperti dengan sebutan lain seperti istilah menggambarkan jenis yang mungkin telah diproduksi di tempat lain. Kerman telah menjadi pusat utama untuk produksi karpet berkualitas tinggi setidaknya sejak abad ke-15. Pada abad ke-18, beberapa penulis dianggap karpet dari provinsi Kerman, terutama pada Siftan, menjadi yang terbaik dari semua karpet Persia, sebagian karena kualitas tinggi dari wol dari daerah, yang dikenal sebagai Carmania wol. 

Dalam dunia karpet Persia antik, Kerman karpet dirayakan sebagai salah satu yang terbaik. Kerman karpet yang dihargai oleh kolektor untuk berbagai alasan, termasuk tetapi tidak terbatas pada: berbagai desain, palet luas, pemanfaatan pewarna alami dan serat, kekuatan tarik besar dan ketahanan abrasi, dan kombinasi warna ahli. Tidak ada dua karpet Kerman yang tepat sama, tetapi ini karakteristik umum melambangkan gaya ini enduringly populer. 

Desain dan motif dari daerah Kerman Damask naik adalah motif yang paling banyak digunakan di Kerman karpet desain yang banyak digunakan dalam “Sabzikar Ravar” dan “Gol Sorkhi” (Red Rose) karpet. Motif yang paling terkenal di Kerman karpet yang “Ghab Ghora’ani”, “Setooni”, “Ghabi”, “Kheshti”, “Saraam Atiyeh”, “Jangali”, “Shekargah”, “Lachak-Toranj” gaya indah dan “Sabzikar Ravar”.
Warna produk Kerman Terbaru disiapkan untuk pasar barat ditenun dalam warna lembut dan ringan seperti kuning, merah muda, susu dan biru-abu-abu.
 

Motif Keanekaragaman motif tenun berdasarkan permintaan pasar. Tidak hanya semua terkenal dan asli motif Persia, tetapi Anda dapat menemukan motif Barat di Kerman karpet, termasuk motif bergaris, berbagai motif berulang, vas, Toranj (Citron), simetris, dan juga taman, bentuk hewan, karpet predator dan bergambar. Berbatasan motif berikut permintaan pasar, terutama pasar Amerika Serikat. Kerman karpet antik yang begitu elegan dan mewah, dan dilanjutkan dengan Toranj motif perbatasan yang dikelilingi oleh margin dan garis kecil dan sempit.

Sejarah
karpet-kirmanNamun, pada abad ke-19, kota Kirman memiliki reputasi untuk karpet yang, dikaitkan dengan sejarah yang sangat panjang lokakarya perkotaan, pasokan dari wol yang sangat halus, kehadiran penenun master dan keunggulan artistik desain lokal. Setelah Nader Shah, Naser al-Din Shah ditugaskan karpet dari Kerman. Di antara produsen Kerman karpet lebih terkenal dari abad ke-19 termasuk Costigian, Ghastili dan Dilmaghani, yang terakhir masih beroperasi & dianggap koneksi penting 19 dan abad ke-20 produksi karpet di Kerman. Mei Beattie telah ditetapkan 7 kelas Kerman karpet dan mengidentifikasi struktur yang unik ia disebut “teknik Vase” ditandai dengan tiga tunas dari pakan antara baris knot. Yang pertama dan ketiga biasanya wol dan pada tegangan tinggi, sedangkan yang kedua, pada tegangan rendah, biasanya terbuat dari sutra atau katun. Warps yang nyata mengungsi dan simpul Persia terbuka ke kiri. Teknik ini membedakan Kerman karpet baik dari Safawi (1501-1722) dan (1722-1834) periode berikutnya. “Kebanyakan karpet Persia, sebaliknya, menggunakan” simpul Turki “. Karpet Kirman dari abad ke-18 dan kemudian sangat sering menggunakan” kisi “pola, dengan bidang pusat dibagi dengan desain kisi memberikan banyak kompartemen kecil. Sebuah ilustrasi penting adalah karpet setelah milik William Morris, sekarang dipajang di Museum Victoria dan Albert. Kemudian segala macam desain dibuat di Kirman, termasuk yang figuratif besar. The Victoria dan Albert Museum di London memiliki karpet 1909 dengan desain menyalin lukisan dengan abad ke-18 seniman Perancis Antoine Watteau. Proses pewarna untuk Kerman karpet terjadi ketika wol masih dalam kawanan dan sebelum berputar, memungkinkan untuk warna seragam. Palet untuk Kerman karpet adalah sebagai brilian seperti yang bervariasi. Nada dapat berkisar dari gading, biru dan magenta untuk cast lebih emas dan kunyit. 

Desain 

karpet-kirman-2Pola desain dari Kerman karpet juga merupakan fitur yang berbeda. Karpet vas, jenis Kerman karpet khas dari abad ke-16 dan ke-17, yang ditandai dengan pola allover bunga bergaya dan palmettes besar dengan vas ditempatkan di seluruh lapangan.
Variasi lain langka dan berbeda dari Kerman karpet adalah Lavar atau Ravar Kerman. Meskipun Lavar adalah nama yang tidak benar, beberapa masih diberi label seperti itu. Karpet ini diproduksi di desa Ravar sebelah kota Kerman di wilayah utara, dan dikenal terutama untuk menenun halus dan elegan, desain klasik yang berasal dari allover dan tengah format medali.
Antik Persia Kerman Karpet
 

Apakah Ravar Kerman atau Kerman, ini karpet antik dapat membanggakan reproduksi baik tenun lukisan Eropa, serta lengkung, allover padat pola bunga. Pola bunga ditenun menjadi Kerman karpet turunan dari selendang yang Kerman juga pusat produksi di awal hingga pertengahan abad ke-19. Kebanyakan Ravar atau Lavar Kerman karpet termasuk tanda tangan, baik yang dari penenun atau kepada siapa karpet tenun untuk. Hal ini penting untuk dicatat, bagaimanapun, bahwa tidak ada satu desain atau gaya Kerman karpet yang jauh lebih populer dari yang lain. Karena permintaan yang luar biasa untuk karpet diproduksi di Kerman, dan karena demografi kompleks yang menghasilkan permintaan, berbagai mengejutkan gaya dan desain yang diproduksi. Sementara beberapa karpet Kerman ditenun secara eksplisit untuk pembeli monied dari Barat, ada tentu saja konsumen lokal juga.
Kerman karpet dan karpet yang ditenun dalam semua ukuran, beberapa memperluas ke 10 kaki, dan beberapa memperpanjang lebih dari itu. Manufaktur khas menggunakan sebuah simpul asimetris pada dasar kapas, tapi contoh langka termasuk sutra atau bagian tumpukan sutra, atau yayasan sutra dengan wol tiang.
 

Sementara ada satu jenis Kerman karpet yang mendefinisikan gaya, yang terkenal “Carpet Design” adalah tentu saja yang paling hadir dalam imajinasi populer. Sebuah Kerman “Vas karpet” dari tengah XVII, diperkirakan 900 Euro dengan Kunstauktionshaus Georg Rehm di Augsburg, enam bulan kemudian dijual di Christie di London untuk 7,5 juta euro. Ini merupakan rekor untuk kedua karpet dan seni Islam pada umumnya. Karpet tertentu, meskipun, tidak memiliki vas di atasnya; hanya pola berlanjut daun rumit bergabung yang memberi desain energi yang tidak biasa dan pesona, terdiri dari pola semua-over Heraty menyebar ke seluruh bidang indigo-biru karpet. Tapi itu teknik tenun yang disiagakan dealer untuk fakta bahwa itu mungkin “vas” karpet semua sama. Pada abad ke-17, ketika karpet ini dibuat, desainer Kirman yang berada di teknik yang paling inventif dan tenun mereka mereka dari kecanggihan tidak terlihat di bagian lain dari kerajaan Persia. Para penenun telah belajar untuk mengatur alat tenun mereka sehingga warps kapas berada di dua tingkat yang berbeda. Mereka kemudian ulir yang wefts wol, meninggalkan beberapa ketat dan lain-lain berliku-liku, memberikan selesai bergelombang segera dikenali pada permukaan karpet. Karpet memiliki asal yang sangat baik, memiliki milik legendaris Perancis seni kolektor Comtesse de Béhague, Martine de Behague (1870-1939), yang membentuk koleksi menakjubkan dari barang antik, seni Iran dan karpet.

Leave a Reply